Bertugas membantu Kepala Sekolah dalam :
1. Menyusun dan menetapkan program secara
tertulis mengenai pengelolaan sarana dan prasarana.
2. Program pengelolaan sarana dan prasarana
mengacu pada Standar Sarana dan Prasarana dalam hal:
a.
Merencanakan, memenuhi dan mendayagunakan sarana dan prasarana pendidikan.
b. Mengevaluasi
dan melakukan pemeliharaan sarana dan prasarana agar tetap berfungsi
mendukung proses pendidikan.
c. Melengkapi
fasilitas pembelajaran pada setiap tingkat kelas di sekolah.
d. Menyusun
skala prioritas pengembangan fasilitas pendidikan sesuai dengan tujuan
pendidikan dan kurikulum masing-masing tingkat.
e. Pemeliharaan
semua fasilitas fisik dan peralatan dengan
memperhatikan kesehatan dan keamanan lingkungan.
3. Seluruh
program pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan disosialisasikan kepada
pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik.
4. Pengelolaan
sarana prasarana sekolah:
a. Direncanakan
secara sistematis agar selaras dengan pertumbuhan kegiatan akademik dengan
mengacu Standar Sarana dan Prasarana.
b. Dituangkan
dalam rencana pokok (master plan) yang meliputi gedung dan laboratorium serta
pengembangannya.
5. Pengelolaan
perpustakaan sekolah perlu:
a. Menyediakan
petunjuk pelaksanaan operasional peminjaman buku dan bahan pustaka lainnya.
b. merencanakan
fasilitas peminjaman buku dan bahan pustaka lainnya sesuai dengan kebutuhan
peserta didik dan pendidik.
c. Membuka
pelayanan minimal enam jam sehari pada hari kerja.
d. Melengkapi
fasilitas peminjaman antar perpustakaan, baik internal maupun eksternal.
e. menyediakan
pelayanan peminjaman dengan perpustakaan dari sekolah baik negeri maupun
swasta.
6. Pengelolaan
laboratorium dikembangkan sejalan dengan perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi serta dilengkapi dengan manual yang jelas sehingga
tidak terjadi kekeliruan yang dapat menimbulkan kerusakan.
7. Pengelolaan fasilitas fisik untuk kegiatan ekstra-kurikuler disesuaikan dengan perkembangan kegiatan ekstrakurikuler peserta didik dan mengacu pada Standar Sarana dan Prasarana.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar